Sekilas tentang Menulis

by membualsampailemas


Beberapa orang ragu dalam menulis, beberapa orang menulis hanya ketika moodnya datang. Itu yang paling banyak menjadi kendala dalam menulis. Tapi memang benar juga, jika menulis cuma asal menulis, maka hasilnya tak akan maksimal, artinya, inti daripada tulisan yang ditulis itu menjadi bias, menjadi kurang mengena. Contoh saja pada sebuah cerita atau pun sebuah opini, jika anda menulis di dalam blog atau di note facebook, dan anda cuma asal menulis, itu sebenarnya kurang menarik bagi kebanyakan orang. Mungkin bagi beberapa orang yang memang pada dasarnya sudah menyukai anda, itu tak masalah.

Kita sebagai penulis amatir, dihadapkan pada tantangan menulis yang baik dan bermanfaat. Entah itu manfaat moral, maupun hiburan, serta yang terpenting adalah isi atau esensi daripada menulis hal yang ditulis itu. Kesemuanya itu merupakan satu tujuan, yaitu agar pembaca, entah siapapun yang membacanya, akan mengerti maksud dan inti cerita/tulisan tersebut. Anda tak hanya sekedar berbahasa dan mencari kata-kata yang indah, tapi lebih baik berbahasa dan mencari kata-kta yang tepat untuk menulis. Ingat, bukan INDAH, tapi TEPAT. lebih bagus lagi jika INDAH dan TEPAT.

Contohnya saja ketika saya menulis tentang tulisan ini, ini adalah sebuah produk dadakan yang terinspirasikan seketika, saya tak dapat menilai apa itu kata-kata saya tadi sudah tepat atau belum, apa lagi indah? Mungkin sama sekali tidak. Yang saya tekankan adalah, jika anda menulis, pikirkanlah dulu apa yang hendak anda tulis, raihlah mood anda dalam menulis, dan usahakanlah orang awam pun mengerti apa yang hendak anda utarakan. :)