Twitter Indonesia dan Pengaruhnya (include: tutorial twitter)

by membualsampailemas


Dalam beberapa tahun terakhir ini, jejaring sosial di Indonesia menjamur. menjamur disini artinya banyak orang yang berbondong-bondong menggunakan jejaring sosial sebagai ajang berhubungan cara baru, cara masa kini. Dua terpopuler adalah Facebook dan Twitter. Jika Facebook berkonsentrasi pada jaringan antar teman saja, maka Twitter merupakan jejaring sosial yang berkonsentrasi pada arus informasi seluruh dunia. Banyak teman-teman saya yang belum mengenal Twitter secara baik, mereka sering menanyakan “apa sih bedanya twitter sama facebook?”, “kayaknya kok asikan facebook daripada twitter?”, “twitter kok menunya cuma itu-itu aja?”, “kok cuma 140 karakter?” dan pertanyaan lain sebagainya.

Twitter menurut saya adalah jejaring sosial microblogging PALING BERPENGARUH di Indonesia dari pada Facebook, meski penggunanya tak sebanyak Facebook. Mungkin beberapa dari anda tak tahu, bahwa di twitter itu, arus informasi begitu derasnya, anda dapat mendapat info terbaru dengan lebih cepat daripada anda membuka situs berita. Twitter tak mengenal istilah “Friend” seperti di facebook. Tak ada istilah pertemanan dalam Twitter, karena di sana hanya ada 2 pilihan, yaitu Follow dan Followed (Ngikut dan Diikutin). Begini, biar anda semua tahu dan paham, saya akan jelaskan dulu tentang Follow da Followed.

Jika di Facebook, anda terbiasa “add friend” pada orang-orang tertentu, dan anda harus menunggu konfirmasi dari orang yang anda add itu untuk menjadi teman, maka di twitter anda tak perlu melakukan hal itu. Cukup buka profile orang yang ingin anda “Ikuti” tweetnya (update statusnya), lalu Follow dia. Mem-follow orang belum tentu anda menjadi temannya. Guna dari mem-follow adalah mendapatkan tweetnya agar muncul di Timeline anda. Anda dapat memfollow Artis, tanpa perlu menunggu konfirmasi, mem-follow akun twitter surat kabar, atau beberapa orang yang berpengaruh buat anda, atau mungkin teman anda.Selanjutnya adalah tentang Followed atau Diikuti. Anda selain dapat mengikuti, tentu juga dapat diikuti. orang yang mengikuti anda disebut Folower. Beberapa orang berlomba-lomba agar mendapatkan banyak Follower, prinsip klasik di twitland adalah “follow sedikit-dikitnya, follower sebanyak-banyaknya”. Tapi itu tak berlaku buat orang-orang awam. Hal seperti itu berlaku buat orang yang cukup berpengaruh, atau orang terkenal saja, yang Follower nya mencapai ribuan. Anda juga dapat menggunakan beberapa web tertentu untuk meningkatkan Follower anda, tapi saya rasa itu tak “fair”.

Arus berita di twitter sangat santer, jika ada suatu “kata” yang paling sering diucapkan di twitter, maka kata itu akan menjadi Trending Topic (TT). Jika anda mem-follow twitter dari kompas, tempo, mediaIndonesia, vivanews, metrotvnews, detik, dan sebagainya, anda akan mendapatkan link berita teraktual persis ketika berita itu diterbitkan. Wawasan anda menjadi luas.lalu bagaimana dengan share foto? Twitter memang tak didewsain untuk berbagi foto. Oleh karenanya, banyak web-web yang bekerja sama dengan twitter untuk nge-share foto, seperti TwitPic, Twitphoto, Plixi, dsb.Kesimpelan Twitter adalah nilai lebih tersendiri, anda dapat memberikan opini yang akan dilihat oleh follower anda, dan orang yang kebetulan mencari lewat “search” di twitter mengenai topik yang anda bicarakan.

Perlu anda ketahui, bahwa jika anda ngetweet (update status) di twitter, tweet anda itu akan tampil di layar home (timeline) anda dan para follower anda, orang yang anda follow tidak akan tahu menahu kecuali jika di “mention”. jadi tetaplah jaga etika. Mention adalah istilah jika anda ngetweet dan tweet itu ditujukan pada orang tertentu. Mention akan tampil di menu “Replies”/”mention”.
Banyak orang yang bertanya apa itu RT? RT adalah “retweet”, artinya, anda akan mengulangi perkataan tweet orang lain dan itu disebarkan ke para follower anda. Ada 2 tipe retweet, yaitu model lama dan model baru. Model lama Retweet itu seperti jika anda melihat orang orang ngetweet sebagai berikut: “kamu telp2an ma hayley davidson kalii :p RT @andraveda: itu pcarku.. Kmrn aj bru telp2an..jgn ngaku2 gt deeh.. -,-“. Ciri khasnya yaitu ada kata2 “bla bla bla RT @nickname: bla bla bla”. Sedangkan Retweet modern itu tak memakai itu. Retweet model lama tak dapat ditemukan di situs twitter sekarang, yang ada hanya Tweet model baru. Jika anda menginginkan itu, gunakan TweetDeck atau Seesmic atau UberTwitter atau apapun software untuk Twitter pada PC atau Mac atau ponsel anda. ada banyak software di internet khusus untuk Twitter agar menjadi lebih asik daripada di webnya. Bisa anda unduh sendiri.

Sejak pertama kali saya menginjak dunia twitland, saya masih bingung dengan twitter ini, kok sepi sekali.. tapi lama-ama saya paham, jika ingin rame, follow saja orang-orang terkenal. Tapi bukan artis tentunya. Waktu itu, saya menemukan akun twitter dari Pak Wimar Witoelar (@wimar), sekitar setahun lalu. lalu saya ikut mem-follow beliau. Ternyata beliau merupakan orang yang paling berpengaruh di twitland indonesia saat itu. Terkenal dengan tweetnya yang sangat segar dan menginspirasi. Lalu sahabat2 beliau pun saya follow, dari yang pertama mas Benny Handoko (@benhan), lalu Inez Dikara (@mushroomteaser), lalu @ari_ap, Pakdhe Goenawan Mohammad (@gm_gm), lalu ada juga co founder Jaringan Islam Liberal, yaitu Pak Ulil (@ulil), lalu @acopatunru, Poltak Hotradero (@hotradero) sang ensiklopedi twitter indenesia, lalu sang @jokoanwar si director kita, dan sebagainya.Sewaktu Kasus Century, mereka banyak “menyetir” paham-paham menyeleweng. Diantara mereka itu adalah masuk KPI-SMI (Kami Percaya Intergritas SMI), dan @wimar merupakan teman dari SMI sendiri. Menamakan sebagai Partai “Somaykrat”. Banyak kritikan terhadap Eksekutif dan Legislatif dari mereka. Secara umum, orang-orang lebih memilih memfollow mereka daripada memfollow Pak @aburizalbakrie.

Semua terserah pada anda, siapa yang ingin ditampilkan di Home(timeline) anda, tergantung orang yang anda follow, jadi anda dapat mengendalikan arus update status yang lebaj dan mungkin anda sebal karenanya.

At last, untuk menjumpai saya di twitter, follow saya di @andraveda :) juga gunakan twitter lewat ponsel anda menggunakan m.tuitwit.com, ringan dan murah dengan opera mini. Selamat mencoba!