oh PIE, oh Akun

by membualsampailemas


Oke,Baru kali ini sejak masuk ke perguruan tinggi, aku merasakan nyesel yang luar biasa. Nyesel! yak, nyesel!Kenapa?Pengantar Ilmu Ekonomi, dan Pengantar Akuntansi.Hari itu jumat, Ekonomi Makro. 10 pilihan ganda, 6 esai. Kalau yang pilihan ganda insyaAllah bisa, mesti kayaknya gak bener semua. Tapi kalau esai, subhanalloh. cuma bisa 2. yang lain? ngarang. Gak mau deh menyalahkan dosen yang seminggu cuma masuk paling setengah jam an, atau kemalesan ini buat belajar sendiri, atau grogi ini waktu ngerjain soal. Ya Alloh. :(
Hari itu senin, Akuntansi. ada 5 soal, yang bener-bener yakin selesai itu cuma 1 soal. :( nomer 2.
soal nomer 1, pengendalian internal, jurnal khusus sama subsidiary ledger. MasyaAlloh. Oke, soalnay bisa sedikit menghibur karena tokoh-tokohnya dari film madagaskar. Tapi waktu ngerjain, mungkin saking terhiburnya, L.U.P.A. -,- khususnya yang general ledger, gak tau deh bu dosen yang baik hati bakal memaafkan penggunaan T account atau tidak, terus jurnal khusus insyaAlloh bisa, tapi subsidiary ledgernya entah. :( Bisa kok bisa kalau yang jurnal khusus,  terus posting ke subsidiary ledger (yang ini agak ragu) terus mau lanjutin ke general ledger, karena lupa atau lbih tepatnya gak tau maksudnya, saya lewatin dulu, terus ngerjain soal nomer 2.

soal nomer 2, akuntansi perusahaan dagang. Kalau gak pakai pensil, yakin deh banyak banget coretan! untung pakai pensil -,-a . kalimat per kalimat ditelaah, insyaAlloh bisa. Tapi gak tau juga akhirnya gimana, mungkin ada 1 atau 2 jurnal kurang tepat doank. (agak PeDe kalau nomer ini)

lanjut soal nomer 3, you kno what? Rekonsiliasi Bank. Oke, berangkat deh kerjain! ah ini mah gampaang.. E E Tapi…,, lho kok gak balance ya? kenapa ya? saking asyiknya sama rekonsiliasi, nomer ini memakan banyak waktu. :( terus, Waktu sampai ke bagian deposan, eh ada angka aneh di Beban Administrasi Bank –> 1750, padahal gak ada yang angka lain yang pakai embel-embel 50 dibelakangnya. pantesan gak bisa balance, mau gomana juga ini pasti gak bakal balance. -,- ya Alloh. Dan itu baru tersadar ketika sudah akhir-akhir waktu.
masih soal nomer 3, yang ini saya sesalkan banget!! apa coba? Petty Cash! yunowot laah!!? Petty Cash gitu loh, gampang, kecil. Dan itu saya LEWATI!! (baru menyadari betapa dodolnya saya, padahal nilainya lumayan, 12%) ini yang paling disesalkan. :(

Terus soal nomer 4. Ceritanya ini nih yang terakhir, soal terakhir. Coba-coba nih, ngitung Merchendise Inventory ending pakai metode FIFO sama average. Oke, itu mah gampang.. kecil,. tadi malem udah latihan. E E Tapi…, ini nih, ternyata setelah ngerjain FIFO, selesai, yang metode average sebenernya bisa, tapi saya lewatin!! :( saya lewatin buat kembali ke nomer satu, nyelesaiin general ledger. :(Sampai selesai general ledger nomer 1, saya kembali ke Rekonsiliasi. Itu dodolnya saya! masih mengharap balance. -,- habislah waktu disitu. Petty cash gak dikerjain, ya sebenernya dikerjain dikit lah, cuma yang jurnal atas itu, tapi angka belum di masukkan, padahal dah tahu cash short and over itu 500 -,- Terus soal nomer terakhir, metode Average belum tersentuh sama sekali. Bagaimana ini?? :( nilai D kah? ya Alloh..

Apa ajaran moral hari ini?Jangan berharaplah pengasihan dari bu dosen! (?) ya enggak lah.

Kalau lagi menyelesaikan masalah, selesaikan sampai selesai! Jangan loncat-loncati kaya saya itu. -,- itu! Super sekali.

Dengan menyelesaikan secara menyeluruh dan bertahap, lebih baik daripada berusaha menyelesaikan semua tapi banyak yang mendheg di tengah jalan.

Kamu bisa sebenernya, tapi kamu grogi, jadi gak bisa deh. apa gunanya belajar? makanya siapkan mental dulu

Kamu pengen semuanya selesai cepat, kamu menyelesaikan semuanya sekaligus, tapi malah gak selesai semua akhirnya. apa gunanya cepat?