Jika Ingin Mulai Main Inline Skate

by membualsampailemas


Sudah lama pengen nulis artikel tentang sepatu roda, atau bahasa gaulnya inline skate, atau beberapa orang menyebutnya roller blade (sebenernya ini nama merek terkenal sih, bukan jenis produk pada umumnya).

Kadang kamu mesti bosen dengan olah raga yang kamu lakukan terlalu sering, pengennya sih coba olahraga baru gitu kan. Nge-Inline Skate lah misalnya, bersepatu roda. Keren kan kelihatannya? Olah raga ini butuh keseimbangan tubuh, otot-otot kaki (betis dan paha) yang kuat, dan kecepatan dalam berpikir. Meskipun asyik, bukan tanpa risiko, karena main sepatu roda apalagi yang tipe aggressive itu penuh dengan risiko cedera.

Oh iya, tipe-tipe sepatu roda itu ada banyak, jadi jangan membayangkan kalau sepatu roda itu cuma itu-itu saja. Soalnya ada banyaaak tipe yang bikin kamu nanti tambah asyik dalam menggeluti dunia persepaturodaan.

Hal itu berarti, ketika kamu mau mulai bermain sepatu roda dari level sangat pemula, yang harus kamu lakukan itu adalah punya sepatu roda. Pinjem juga bisa sih, tapi ndak bakal puas deh, jamin! Belum lagi kalau ukuran sepatu yang kamu pinjem itu gak pas di kaki.

Berikut ini, saya bakal kasih tips dasar kalau kamu mau mulai hobi bersepatu roda.

Tahu arena bermain

Nah ini yang perlu kamu siapkan sebelum memulai hobi baru ini. Pastikan kamu tahu di sekitar tempat tinggalmu ada arena yang cukup luas buat main sepatu roda. Misalnya nih area parkir mobil atau motor. Pun gak sembarangan area parkir, karena permukaannya harus yang rata semisal pakai beton atau aspal. Dan jangan main pas area parkir itu lagi rame, bisa-bisa nabrak knalpot motor panas atau nabrak kap mobil pas latihan. Bisa juga di dalam gedung pertemuan atau gedung olahraga yang permukaannya lebih halus dan luar lagi, keramik misalnya.

Lihat video tentang inline skates di youtube atau vimeo

Video tentang tutorial atau preview atraksi-atraksi inline skate bisa banyak kamu temukan di youtube atau vimeo. Kalau di youtube ada channel dari RollerBlade, kalau di vimeo ada channel dari Sebaskates. Di youtube bisa cari-cari tutorial dasar gimana cara stride forwards (jalan kedepan), backwards (mundur), crossover (belok kaki menyilang), powerslide (cara berhenti super keren), dsb. Belajarlah satu persatu sampai benar-benar lancar, baru kamu bisa belajar tahap selanjutnya. Mending, video-video itu kamu unduh aja lewat keepvid.com daripada harus bolak-balik buka situs dan menghabiskan kuota internet kamu.

Tahu jenis sepatu roda

Nah ini, jadi kamu tuh harus tahu jenis-jenis sepatu roda sebelum pakai dan beli. Secara umum itu sepatu roda ada 6 macam.

  1. Fitness/Recreational (buat sekedar olah raga atau rekreasi) Fitness
  2. Trainning & Semi Race (buat latihan balap) semirace bont_S1
  3. Speed Indoor & Outdoor (buat balapan di dalam gedung atau luar gedung semisal jalan) speed skate
  4. Dirt (buat main dengan permukaan rumput) dirt
  5. Hockey (digunakan untuk pertandingan hockey pada lapangan outdoor dengan permukaan yang halus) hockey
  6. Aggressive (digunakan untuk extreme action & freestyle. seperti : grind, backflip, airgrab, dll) aggresive
  7. Freestyle/Urban (urban = gabungan fitness & aggressive. digunakan untuk aksi freestyle di jalanan, namun tidak bisa grind  seperti aggressive) urban
  8. Slalom (digunakan untuk aksi seperti pada slalom mobil) slalom

Tahu spesifikasi sepatu roda

Kalau mau beli sepatu roda itu jangan asal murah. Karena ada harga ada rupa. Biasanya kalau sepatu roda yang murah sekitar 200ribuan buat ukuran dewasa itu frame rodanya biasanya bukan logam alumunium, tapi plastik. Dan tentu jika frame rodanya plastik jamin sepatu roda itu gak tahan lama, dan bakal berisik.

Selain itu, perhatikan jenis rodanya. Ada yang berroda plastik, dan ada pula yang berbahan karet keras. Roda yang lebih banyak plastiknya akan membuat tidak nyaman dalam menggelinding, selain itu lebih licin. Sedangkan roda yang karet lebih empuk dan tidak licin. Ukuran diameter roda pun berpengaruh, ada yang 100mm lebih, ada yg 60mm, dsb. Bervariasi.

Poros roda juga perlu diperhatikan. Ini berkaitan dengan ABEC. ABEC itu seperti asnya sepatu roda. Ada sepatu roda yang ber-ABEC 9, 7, 5, 3, 1. Semakin besar ABEC nya, maka semakin gampang menggelinding rodanya. Semisal ABEC 9 dan ABEC 5, ABEC 9 akan lebih lama berputar karena licin, sedangkan ABEC 5 terasa lebih seret.

Ada tipe sepatu roda hardboot dan softboot. Hardboot itu seperti sepatu bercangkang, sedangkan softboot seperti sepatu biasa. Tergantung kebutuhan.

Beli sepatu roda

Nah, untuk beli sepatu roda, lebih baik beli secara langsung biar bisa dicoba-coba di kaki apakah pas atau tidak, nyaman atau tidak. Jika beli online kan tak bisa dicoba-coba. Di Gramedia biasanya ada yang merk Cougar, tapi agak overpriced menurut saya untuk ukuran Cougar. Selain di Gramed, ada pula di Ace Hardware/Informa, di sana ada merk LA Sport dan Super K yang lumayan. Bisa juga cari di toko yang benar-benar jual sepatu roda. Cari di DIS (Dunia Inline Skate) di TMII, di sana lengkap. Mungkin memang saat ini masih jarang toko sepatu roda resmi SEBA atau RollerBlade (merek terkenal dunia) di Indonesia. Saya juga belum tahu di mana bisa dapat sepatu merek SEBA atau RollerBlade.

Nah, sekarang sudah lumayan tahu sedikit kan tentang sepatu roda? Bisa mulai lihat-lihat video tentang sepatu roda di sini https://vimeo.com/25420166

Iklan