SEMBOJAN (TIGAPAGI)

by membualsampailemas


Sudah sejak era album Roekmana’s Repertoire, saya telah jatuh cinta pada Tigapagi. Grup musik yang terdiri dari trio pemuda sunda yang jenius dalam bermusik ini telah begitu lihai mengerjakan sebuah karya yang baik dan bagus untuk disimak.

Mungkin masih banyak diantara kalangan muda yang kurang mengenal mereka karena memang bukan jalan musik populer yang mereka tempuh, tapi musik Indie. Hanya beberapa kalangan yang mengenal grup musik ini dan bersedia membeli CD mereka.

Ketika Roekamana’s Repertoire muncul yang menggabungkan seluruh lagu menjadi satu, kali ini sebuah Entitas Pendek (EP) dari Tigapagi disusun dengan cara yang sama: dirangkai. Judul EP itu adalah Sembojan (Semboyan/Motto) yang terdiri dari 3 buah lagu yang dirangkai jadi satu dan nyaris tidak tahu di detik mana pemisah antar lagu.

Nuansa khas Tigapagi muncul sejak pertama hingga akhir, yaitu alunan nada pentatonis sunda dan petika rumit gitar yang tidak biasa dan terangkai dengan indah. Alunan melodinya sepintas mengandung kegetiran dan kepahitan akan suatu peristiwa. Ya, memang yang ditonjolkan disini (diangkat) adalah peristiwa G30S/PKI.

Untuk yang belum mendengarkan Tigapagi, sangat direkomendasikan buat mendengarkan Sembojan ini karena dijamin akan menemukan sesuatu yang baru. Selamat mencoba!!